Sebagai langkah kecil untuk mewujudkan kinerja yang
profesional, Amanah dan memberi solusi kami menyusun SOP (standard operating procedure ) yang wajib di jalankan oleh semua
muthowwif yang menjalankan tugasnya di CAHAYA HIJAZ HANDLING, semoga langkah
kecil ini membantu para muthowwif menjalankan tugasnya lebih professional dan
bertanggung jawab serta mampu menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi jamaah
umrah.
Agar tercapai secara optimal semua tujuan diatas maka
harus terjalin kerjasama yang baik antara pihak handling dan muthawif, sebab
muthawif merupakan ujung tombak dari bisnis ini, oleh karena itu setiap
muthowif yang bertugas di CAHAYA HIJAZ
HANDLING ( CH2 ) di haruskan
memperhatikan hal-hal berikut ini.
1. Bersikap santun
kepada jama'ah bagaimanapun keadaanya.
2. Hp harus
diaktifkan 24 jam selama menjadi guide.
3. Berpenampilan
Islami, sopan dan tidak berlebih-lebihan.
4. Mengumpulkan dan
menyimpan pasport jamaah dengan baik.
5. Berkoordinasi
dengan petugas check_in sebelum sampai hotel.
6. Membantu petugas
Check_in dalam Mengawasi, mengecek, dan menghitung jumlah koper jamaah setiap Check_in dan
check_out di hotel.
7. Menemani dan
mengantar jama’ah sholat fardlu, dan makan terutama di hari pertama.
8. Membagikan air
mineral kepada jamaah setiap malam ke kamarnya.
9. Menyiapkan dan
Membagikan snack kepada jamaah di setiap rute perjalanan
10. Menguasai sejarah Mekkah & Madinah.
11. Menguasai materi umrah dan tidak memaksakan khilafiyah
yg m mu'tabar dikalangan para Ulama' kepada Jama'ah.
12. Mengetahui keabsahan hadits-hadits yang di sampaikan,
dan tidak
menyampaikan hadits/keutama'an/kisah yang palsu.
13. Tanggap dengan semua permasalahan yang terjadi di lapangan.
14. Menampung , responsible dan menyikapi kritikan jamaah
dengan baik.
15. bersedia membantu jamaah jika membutuhkan bantuan.
16. Menelepon sopir bus sehari sebelum perjalanan.
17. Menekankan kepada jama’ah untuk memperhatikan hal-hal
sebagai berikut:
a. Memakai kalung
identitas setiap keluar dari hotel.
b. Setiap kali
keluar mengunci kamar dan menitipkan di reception.
c. Waspada di
tempat-tempat yang berdesak-desakan terutapa pada para pengemis karena di
antara mereka adalah pencopet.
18.
Segera melapor ke handling jika ada permasalahan di
lapangan.
Contoh kata
sambutan muthawif kepada jama'ah ketika penyambutan di bandara:
Assalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh,
Para jama'ah tamu Allah
rahimakumullah, kami perwakilan travel .
. . . . . . . . . . . . di Arab Saudi mengucapkan selamat datang,
ahlan wa sahlan, semoga semua rangkaian ibadah bapak-bapak dan ibu-ibu selama
di tanah suci berjalan lancar tidak ada suatu halangan apapun dan kembali ke
tanah air dengan selamat serta semua amal ibadah bapak ibu sekalian selama di
tanah suci diterima di sisi Allah, Amin
sebelumnya perkenankan saya
memperkenalkan diri:
Nama saya:...........
TTL:..........
saat ini aktifitas saya belajar di . . . . . .
. . . . . . dan apabila ada waktu luang / libur kuliyah / belajar, saya
biasa membantu membimbing jama'ah haji dan umrah.
Bapak Ibu Jama’ah rahimakumullah
untuk memperlancar komunikasi diantara kita alhamdulillah no hp saya sudah tertera di kalung ID bapak-bapak dan Ibu
sekalian, saya harap kalung ID tersebut selalu dipakai setiap kali keluar dari
hotel, meskipun diantara bapak-bapak dan
Ibu-Ibu sudah sering ke tanah suci dan sudah hafal semua jalan yang ada di
Makkah dan Madinah, namun keberadaan kalung tersebut sangat penting sekali
sebagai pengganti paspor, hal ini akan sangat bermanfaat sekali bagi kita, bila
terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti lupa letak hotel, terjadi
kecelakaan atau pingsan di jalan karena berdesak-desakan, dengan adanya kalung
tersebut maka akan sangat membantu pihak kepolisian atau rumah sakit untuk
menghubungi kami, sehingga bisa segera mendapatkan pertolongan penanganan yang
semestinya.
Bapak Ibu para tamu Allah yang
berbahagia saat ini perjalanan kita menuju ke kota Madinah, sebuah kota yang di
dirikan oleh Nabi kita Muhammad Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam dan
merupakan Ibu kota pertama Islam.
sebutkan sedikit keutamaan dan
adab-adab Madinah, jika jamaah tidak kecapekan, namun bila terlihat mereka
capek biarkan jama’ah beristirahat.
.....................................................................................................................
Ketika memasuki kota Madinah:
Para jama'ah rahimakumullah
alhamdulillah kita telah memasuki kota
madinah dan sesaat lagi kita akan sampai di hotel.
nama hotel kita "Mubarak
Madinah" yang berjarak 50m dari masjid Nabawi selisih satu hotel dari
Masjid Nabawi terletak dibelakang hotel Golden Anshor dan Oberoi, lurus pintu
gerbang no 25, jadi kalau kita keluar dari masjid nabawi harus melewati pintu
gerbang no 25.
dan sekali lagi saya ingatkan untuk
selalu memakai kalung ID setiap kali keluar dari hotel dan jangan segan-segan
menghubungi kami apabila memerlukan bantuan.
Ketika kepulangan:
Bapak, Ibu para jamaah
rahimakumullah..... alhamdulillah kita telah menyelesaikan semua rangkainan ibadah
ibadah di tanah suci, semoga amal ibadah bapak ibu selama di Madinah dan Mekah
di terima di sisi Allah menjadi catatan amal yang sholeh, dan kami seluruh kru
perwakilan travel....... di Arab Saudi mohon maaf jika ada kekurangan dalam
melayani atau membimbing bapak Ibu selama di tanah suci......
Tidak lupa kami mendoakan, semoga
perjalanan bapak Ibu sekalian lancar, tidak ada halangan suatu apapun dan
kembali ketemu keluarga tercinta, dan mudah-mudahan.. bapak ibu sekalian di
beri kesempatan lagi oleh Allah untuk bisa berkunjung ke tanah suci baik untuk
melaksanakan ibabadah haji maupun umroh.......
S.O.P petugas check in:
1.
Menyiapkan
kunci 12 jam sebelum kedatangan jama'ah.
2.
hp
harus selalu aktif dan tetap berkoordinasi dengan muthowwif.
3.
Mengecek
kebersihan dan jumlah ranjang setiap kamar.
4.
Menyiapkan
Snack dan minuman.
5.
Mempelajari
letak hotel dari Masjidil haram dan Masjid Nabawi untuk n nantinya dijelaskan kepada Jama'ah.
6.
Memberikan
pengarahan kepada jama'ah dengan singkat dan jelas.
7.
Membagikan
kartu hotel, jadwal sholat & kegiatan ke semua jama'ah.
8.
Bekerjasama
dengan Muthawif dalam pengaturan dan penempatan
jama'ah dan kopernya.
9.
Tidak
meninggalkan hotel sebelum semua Jama'ah dan koper-
kopernya masuk ke dalam kamar masing-masing. Dan tidak meninggalkan
koper di luar tanpa pengawasan , juga tidak meninggalkan tas di bus kecuali
sudah di angkut ke dalam hotel.
Contoh sambutan
petugas check_in
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bapak-bapak Ibu-Ibu para tamu Allah yg berbahagia, kami perwakilan
travel . . . . . . . . . . . . . .
. . .di Madinah, mengucapkan selamat datang di kota Nabi, mudah-mudahan
bapak-bapak Ibu-ibu merasa nyaman selama tinggal di Madinah.
para jama'ah rahimakumullah untuk kelancaran kegiatan kita selama
di madinah sedikit akan kami jelaskan beberapa maklumat yang berkaitan dengn
hotel yg kita tempati saat ini:
hotel ini bernama . . . . .
. . . . . . . . . . . . . untuk ruang makan hotel ini berada dilantai M atau R,
kalau kita hendak ke restaurant melalui lift tekan tombol M atau R, atau bisa juga
melawati tangga, begitu kita dapatkan tulisan restaurant di atas pintu kita
masuk melalui pintu tersebut, dan tempat makan kita berada di buffey . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
adapun jadwal makannya:
Sarapan: setelah sholat Shubuh, Makan Siang: setelah Sholat Dzuhur.
dan Makan Malam: setelah Sholat Isya'
adapun jarak hotel dari masjid Nabawi . . . . M, lurus pintu gerbang no . . . . . jadi kalau kita keluar dari masjid nabawi
harus melewati pintu gerbang no . . . .
. agar tidak tersesat.
dan insya Allah yang mendampingi bapak dan ibu sekalian selama
disini adalah Ust . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . yang berada di
kamar no . . . . . . , jika bapak Ibu
ada perlu dengan beliau atau ingin menanyakan sesuatu bisa menghubungi beliau
melalui pesawat telepon yang berada di setiap kamar dengan terlebih dahulu
tekan no . . . . . . . kemudian no kamar.
sekali lagi kami himbau kepada semua jamaah untuk selalu memakai
kalung ID setiap keluar dari hotel dan membawa kartu hotel yang telah kami
bagikan.
baiklah..... agar bapak dan Ibu sekalian bisa segera beristirahat
kami akan segera bagikan kuncinya, dan kami himbau jika semua penghuni keluar
dari kamar hotel harap pintu kamar di kunci kemudian kuncinya dititipkan di
reception, jangan dibawa keluar dikhawatirkan nanti akan hilang.
baik, untuk nama yang kami sebutkan bisa langsung maju
kedepan.......
kamar 578:
1.
Bp.
Azhar khaldun.
2.
Bp.
Zulvi Askari.
3.
Bp.
Barnas Al asadi.
4.
Bp.
Tirmas Tilimsani.
Kamar 579:
1.
Ibu
Uwana Tsuraya.
2.
Ibu
Rumaisa Najwa.
3.
Ibu
Laila Qimirsi.
4.
Ibu
Zubaida Asrari.
bisakah saya muslimah menjadi muthawwif di travel anda untuk diketahui saya sudah pernah berhaji
BalasPadamSubhanalloh
PadamMasya Allah sangat membantu sekali ,terimakasih banyak dan semoga bisa berjumpa di Alhoramain nanti,amin
BalasPadamAlhamdulillah sangat brmanfaat
BalasPadamSemoga bberapa th mendatang bisa berjumpa. Aamiin
Bisa kan saya jd muthhawif perempuan..
BalasPadamMasyaAllah tugas ibadah yg mulia Ilmu ny juga harus mumpuni
BalasPadam